DWQA QuestionsCategory: QuestionsMakan yang perlu di Hindari saat CD4 dibawah 200
Anonymous asked 8 years ago

hai
gue leo
 
mau tanya untuk jenis makan yang perlu di hindari saat CD4 berada di bawah 200, untuk info CD4 aku waktu 11/1/06 cuma 28, sampai sekaran dalam mulut masih terdapat fungi or jamur, gue jarang menggunakan obat kumur Nystatin, tapi untuk obat TB dan ARV selalu tepat gue coba minum untuk jamnya sama tiap hari, kira2 perlu berapa lama untuk menaikan CD4 mencapai 200, untuk aktifitas kerja seperti biasa emang badan cepat lelah tapi dengan tidur 10 – 15 menit sangat cepat menolong. mohon masukannya untuk jenis makan yang perlu di hindari, thx b4

1 Answers
GueBisa Staff answered 8 years ago

Hello Leo,

Untuk meningkatkan CD4 tergantung dari banyak hal. Pada kasus yang kamu alami karena ada infeksi HIV dan disertai dengan adanya infeksi oportunistik seperti TB dan infeksi jamur.

Yang perlu kamu ketahui ketika kamu minum obat ARV yang pertama kali turun cepat adalah jumlah virus dalam darah , setelah jumlah virus dalam darah turun maka otomatis CD4 kamu akan naik berikutnya. Dengan pengobatan TB dan jamur maka akan mempercepat peningkatan CD4. Sebaiknya upayakan untuk memonitor CD4 kamu tiap 3 bulan dan tetap minum ARV, obat TB, dan obat lainnya yang dikonsultasikan dengan dokter.

Untuk makanan yang diharapkan untuk makan makanan yang bergizi, dalam jumlah cukup dan terjaga kebersihannya. Semua makanan bisa kamu makan asalkan kamu tahu kualitas dan kebersihannya. Justru harus makan yang banyak karena butuh banyak asupan kalori untuk mengejar ketertinggalan.

Semoga bermanfaat .

Salam,

Dr. Yogi