Hal yang gue lakukan kalau gue lupa mengonsumsi ARV

Biasanya gue minum ARV di jam 21:00, dan gue set alarm di jam 20:57 asumsinya 3 menit buat gue untuk mempersiapkan obat dan air. Tapi, gue beberapa kali pernah lupa minum ARV. Mungkin sudah hampir lebih dari 3 kali gue lupa meminum ARV dalam satu tahun terakhir. Meskipun buat gue, mengonsumsi ARV dalam waktu yang sama itu adalah kewajiban dan keharusan. Tapi tetap, gue adalah manusia biasa yang bisa lupa, bahkan lupa untuk mengonsumsi ARV.

Ada pertanyaan besar yang muncul, apa yang harus gue lakukan kalau gue lupa minum obat?

Minum obat secepatnya

Hampir mustahil buat gue sendiri untuk mengonsumsi ARV di jam yang persis sama setiap hari, yaitu 21:00. Biasanya gue agak telat, 1-5 menit. Dan menurut dokter gue, tidak masalah kalau telat mengonsumsi ARV dengan toleransi waktu maksimal 1 jam. Misalnya gue mengonsumsi obat di jam 21:00, maka gue boleh mengonsumsi ARV diantara jam 20:00-22:00. Tapi buat gue, batas toleransi minum obat gue adalah maksimal 5 menit.

Meskipun gue pernah beberapa kali lupa, karena ketiduran, atau karena lupa membawa obat. Menurut dokter gue, itu tidak menjadi masalah, jika tidak menjadi kebiasaan. Yang gue lakukan adalah minum obat secepatnya ketika gue inget, misalnya kalau gue lupa meminumnya di malam hari, gue harus meminumnya sesegera ketika gue ingat. Misalnya setelah gue bangun tidur.

Tapi kondisi itu hanya bisa dilakukan kalau ketelatan mengonsumsi ARV kurang dari 10 jam. Jika lebih dari 10 jam, dokter gue merekomendasikan gue agar tetap mengonsumsi obat dengan dosis yang sama di malam selanjutnya seperti biasanya. Jadi misalnya gue lupa minum obat jam 9 malam, dan sekarang jam 9 pagi, gue lebih baik mengonsumsi obat gue di jam 9 malam selanjutnya dan tidak double dosis.

Double dosis seharusnya memang dihindarkan, karena tidak ada gunanya mengonsumsi ARV dengan dosis ganda. Justru mengonsumsi ARV dengan dosis ganda akan menyebabkan resistensi lebih cepat.

Jangan keseringan

Gue gak bisa memungkiri bahwa gue juga manusia biasa yang bisa lupa mengonsumsi ARV. Tapi dokter gue mengingatkan. Ada perbedaan besar antara sesekali terlupa dengan kebiasaan atau meremehkan.

Dokter gue menasehati bahwa kesehatan gue adalah milik gue, jadi gue harus patuh dari diri gue sendiri terhadap minum obat, karena kebutuhan minum obat adalah kebutuhan gue sendiri. Mungkin memang di awal-awal minum ARV, gue juga sering lupa minum obat. Tapi karena bantuan orang tua gue yang selalu support gue, gue jadi selalu ingat mengonsumsi ARV. Dan juga dengan bantuan Alarm gue.

Dan menurut penelitian yang gue baca, dibutuhkan kepatuhan 95% atau lebih untuk mencegah HIV menjadi resisten terhadap obat dari waktu ke waktu. Tidak ada yang lebih buruk daripada ketidak menyeluruhan jumlah obat yang dikonsumsi dan kurangnya dosis obat dalam tubuh yang menyebabkan resistensi terhadap obat.

So, gue memilih untuk menjaga kepatuhan gue mengonsumsi ARV, karena gue gak mau memberikan kesempatan HIV dalam tubuh gue menjadi resisten hanya karena kemalasan gue.

 

You may also like

136 Response Comments

  • Ramadhan  3 July, 2017 at 3:17 am

    Selamat Pagi, hari ini adalah hari dimana saya Telat minum obat untuk yang kedua kali nya, jadi saya biasa minum obat jam setengah 9 malam, dan semalam benar benar kekelahan, dan saya tanpa disengaja ketiduran, padahal alarm udah saya atur sampai 2x, dan volume sangat besar. Saya bangun2 jam 3 pagi, saya langsung buru2 minum obatnya dan jadi kepikiran. Karna sangking paniknya, saya sampai kebingungan, dan coba browsing2 sampai Akhirnya saya ketemu web ini. Nah, saya ingin tanya, apa boleh hal itu terjadi.
    Karena sebelumnya saya pernah telat 2 jam minum obat karena ketiduran juga, dan saya konsultasi ke dokter dan pembimbing saya, katanya tidak masalah, selama tidak berheti obatnya (tapi dengan wajah yang seperti orang “ya sudahlah lah, udah terlanjur terjadi, mau diapain lagi” ) maka dari itu saya selalu takut untuk telat lagi,, dan saya sangat kepikiran sekarang

    Reply
    • GueBisa Admin  3 July, 2017 at 3:33 pm

      Hallo Ramadhan,

      Terima kasih telah menanyakan hal tersebut, untuk telat hanya satu kali sebenarnyta tidak masalash akan tetapi untuk selanjutnya tidak boleh keseringan telat, jam harus konsisten. mungkin loe butuh pake alarm jam supaya kenceng. Jangan panik ya Ramadhan, apabila loe mau share atau mau tanya-tanya Loe bisa add nomor WA yang ada diwebsite. Semoga membantu

      salam,
      Guebisa

      Reply
      • indra  15 January, 2018 at 9:17 pm

        sy telat minum ARV 2 hari karna sy waktu itu oprasi bius total dan 2 hari bru bsa masuk obat makan dan minum . tpi setelah itu di mlm nya yg ke 3 sy langsung minum di jam yg sama . tu bagai mana ya …

        Reply
        • GueBisa Admin  16 January, 2018 at 1:57 pm

          Hai Indra,

          Untuk yang sudah kejadian tidak apa-apa tidak usah dipikirkan lagi, kamu pasti ditangani sama dokternya dan kamu harus konsultasikan sama dokternya supaya lebih jelas. Terima kasih, semangat untuk sehat kembali.

          salam,
          guebisa

          Reply
          • Yoha  12 August, 2019 at 6:32 pm

            Saya sudah minum arv selama hampir 10 tahun. Tapi pagi ini saya benar2 lupa walau alarm sudah berbunyi. Hingga di jadwal minum kedua dihari yg sama saya baru ingat kalau tadi pagi belum minum. Apakah akan terjadi resisten terhadap obat tersebut?

          • guebisa 19  16 August, 2019 at 1:13 pm

            Halo Ka,

            Sebaiknya kalau lupa tidak minum obat ketika ingat segera diminum,
            misal minum obat pukul 9 pagi, kelupaan dan ingat pada pukul 12.00, nah ketika ingta itu lebih baik segera meminum, jangan dikosongkan sama sekali.
            terkait resistensi hanya bisa diketahui melalui serangkaian pemeriksaan, jika dokter menganggap pengobatan saat ini gagal maka akan diganti jenis pengobatannya. namun yang perlu diketahui adalah permasalahan resistansi bukan masalah kelupaan satu obat saja, jadi yang sudah terjadi dijadikan pengingat saja bahwa kedepan kepatuhan harus lebih baik, menggunakan aplikasi alarm reminder di smartphone mungkin bisa menjadi solusi.

            Salam
            Admin

        • N  21 September, 2019 at 11:11 pm

          Mau nanya, kalau semisal kejadian sehari itu ngga sengaja minum 2x obat arv bagaimana ya. Apa untuk besoknya tidak minum.

          Reply
          • guebisa 19  24 September, 2019 at 11:46 am

            untuk besoknya tetap diminum sesuai jadwal yaa

      • Dika  26 September, 2019 at 1:17 pm

        Dear sgsn n sist.. mau share donk ttg odhiv wa 081286439715

        Reply
    • Ical  7 September, 2019 at 4:11 am

      Pagi saya

      Saya baru konsumsi ARV kurang lebih 3 bulan biasa konsumsi ARV dengan jadwal pukul 2230 wib kadang telat paling sampai 5 menit, tapi kali ini kebetulan saya lagi flu jadi ngantuk parah & konsumsi ARV di pukul 0330 ketika terbangun …
      1. Apakah itu tidak apa
      2.Apakah keterlambatan obat ini bisa membuat
      3. Apakah selanjutnya saya jadi konsumsi obat pukul 2230 atau 0330 (waktu ketika telat )

      Reply
      • guebisa 19  24 September, 2019 at 12:01 pm

        Keterlambatan demikian masih bisa dimaafkan dan masih dibilang aman, yang penting ketika ingat atau terbangun langsung diminum obatnya, untuk selanjutnya tetap diminum obatnya sesuai jadwal awal yaitu 22.30

        Salam

        Reply
  • Akang Jalu  3 October, 2017 at 5:43 am

    Saya harus minum obat jam 9, baru bangun jam 5 apakah saya harus mnm sekarang atau tidak? Urgent nih

    Reply
    • GueBisa Admin  3 October, 2017 at 12:23 pm

      Selamat pagi akang Jalu,

      terima kasih sudah bertanya, saya coba jawab pertanyaan yang kamu lontarkan. Apabila loe lupa minum obat dan inget dijam segitu baiknya minum langsung, akan tetapi perlu diketahui, obat jenis apa yang loe minum. Lebh jelasnya konsultasikan dengan dokter yang nangani loe ya, jangan lupa lagi pasaang alarm jam biar kenceng. Terima kasih.

      salam,
      guebisa

      Reply
    • GueBisa Admin  3 October, 2017 at 12:23 pm

      Selamat pagi akang Jalu,

      terima kasih sudah bertanya, saya coba jawab pertanyaan yang kamu lontarkan. Apabila loe lupa minum obat dan inget dijam segitu baiknya minum langsung, akan tetapi perlu diketahui, obat jenis apa yang loe minum. Lebh jelasnya konsultasikan dengan dokter yang nangani loe ya, jangan lupa lagi pasaang alarm jam biar kenceng. Terima kasih.

      salam,
      guebisa

      Reply
    • Lucky  14 March, 2018 at 10:24 pm

      Kalo dr cerita di atas gua tangkep pokoknya lebih dr 10 jam jd hitung ajh dr jam 9 ke 5 udh ada 10 jam blm, kalo belum bisa minum tapi kalo udh 10 jam jgn di minum gpp di bablas ajh di jam 9 mlm berikutnya. Kalo salah bisa input, kalo boleh ada yg punya group atau komunitas begini gak buat sharing2 yg ada atau mau bikin group line or wa bisa email dong biar ngerasa gak sendiri gua nya ? makasih

      Reply
      • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:42 pm

        Silakan chat dinomor WA yang tercantum diwebsite ini nanti dimasukan dengan kelompok dukungan sebaya.

        Reply
        • Irman  14 July, 2019 at 10:40 pm

          Nomor WhatsApp saya kak. Tolong digabungkan sesama odhiv kak 082150090177

          Reply
  • Aldy  4 October, 2017 at 11:49 pm

    Malam . Saya udh trv atripla 1th lbih biasa minum jam 10 . Hari ini saya tidak ingat apakah sudah minum atau belum karena sudah gk pernah pake alarm dan gk prnah itung obat di dalem botol ada brapa . Kalo saya minum lagi dan ternyata sebenarnya saya sudah minum brarti menjadi double dosis apakah bahaya atau tidak ? Saya bener2 lupa udah minum apa belum hari ini

    Reply
    • GueBisa Admin  5 October, 2017 at 10:29 am

      Hi Aldy,

      terkait double dosis sebenarnya sangat tidak boleh karena tidak efektif untuk pengobatan, malah nanti yang ada menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Tapi untuk “sesekali” saja tidak apa-apa asal jangan diulang dan saran saja untuk pengingat jam minum obat tetap dipake bagaimana pun caranya serta untuk obat sebaiknya menggunakan KOTAK obat supaya terlihat apakah kita sudah minum atau belum, sudah banyak kok kotak obat yang bagus-bagus. Terima kasih, tetap semangat dan selalu konsultasikan dengan dokternya ya.

      salam,
      Guebisa

      Reply
      • Ahmad  19 October, 2018 at 11:04 am

        Selamat siang, mau tanya min, biasanya saya minum obat jam 23.00 nah tadi pagi sekitar jam 10.30 saya minum arv nya lagi, itu bagaimana ya, apakah berdampak resistensi atau gimna?

        Reply
        • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:25 pm

          kalau lupa dan hanya sekali gapapa

          Reply
    • fardiyansah  29 September, 2019 at 10:07 pm

      Hi ka salam knl
      saya mau tanya ka saya baru minum obat ARV sekitar 2bulan,pertama minum efeknya pusing terus malas beraktifitas,penglihatan buram,tp setelah 2minggu sudah kembali normal,terus saya kembali bekerja,kebetulan saya kerjnya shif2an kalau kerja shif mlm setelah minum obat arv jm 21:45 ngantuk parah tp di paksa untuk kerja apa kah bolh atau tidak ya ka?nomor wa 087786113797 tolong masukan grup ya ka biar ada teman curhat sesama odha,terimakasih

      Reply
  • Erick  24 November, 2017 at 9:26 pm

    Mau tanya teman2 yang sudah minum arv. Efek samping yang kalian rasakan seperti apa. Dan memulai terapi arv ketika cd4 nya brp? Saya tes hiv tgl 13/11/2017 dengan tiga metode hasilnya reaktif. Tgl 22/11/2017 tes cd4 hasilnya 639 (nornal) dengan nilai acuan 404-1612. Saya belum konsultasi ke dokter perihal hasil tes saya. O iya selama ini saya tidak merasakan gejala2 seperti yang dijelaskan atau dirasakan teman2. Mohon pencerahannya.

    Reply
    • GueBisa Admin  25 November, 2017 at 10:16 am

      hai Erick,

      Sebaiknya kamu konsultasikan lagi sama dokternya, dan untuk efek samping kepada setiap orang berbeda-beda serta jangan takut akan efek samping karena efek samping sifatnyas sementara dan bisa diatasi, lihat manfaat dari ARV sendiri untuk tubuh kita. Untuk sharing bisa add nomor WA admin di 081296759913. Semoga membantu.

      salam,
      guebisa

      Reply
    • Teman kamu  26 December, 2018 at 2:04 am

      Halo Erick

      Aku sudah arv hampir 7 bulan awal pertama kali minum kepala seperti berat pusing gelieng dan itu hanya beberapa hari dan setelah itu mulai muncul ruam merah di area wajah tangan dan telapak kaki terasa gatal, dan itupun bisa di tanggulangi dgn minum obat antihistamin seperti cetirizin dan untuk obat ruam aku di saranin sama dokterku untuk pakai bedak caladin cair, dan setelah itu berangsur membaik, oh iya ini sedikit cerita aku merasa gatal saat fikiran aku stres dan banyak yang di fikir, dan dari salah satu temen dari @guebisa ada yang bilang itulah gunanya bisa kontrol perasaan buat ODHA , dan allhamdulilah sekarang aku udah sedikit bisa kurangi yang namanya mikir spaneng, dan ingat be positif to be better, tetap semangat buat kita semua

      Reply
  • vano  28 November, 2017 at 7:22 am

    Apa efeknya jika kelupaan dlm jadwal minum arv, jadwalnya jam 9 mlm sudh minum arv lalu kesalahannya jam 7 pagi meminum arv lgi tolong penjelasannya

    Reply
    • GueBisa Admin  28 November, 2017 at 10:00 am

      hai Vano,

      Terima kasih sudah mau bertanya dan Gue coba menjawab pertanyaan loe ya, terkait efek dari “lupa jadwal” karena kecepetan atau lupa telat minum obat sebenarnya efeknya tidak akan terlihat langsung dengan catatan hanya “sekali” akan tetapi apabila lupa keseringan maka terjadi resistant obat. Jangan terlalu khawatir kalo hanya sekali ini saja ya, loe harus khawatir apabila keseringan lupa. semoga membantu, terima kasih

      salam,
      guebisa

      Reply
      • vano  28 November, 2017 at 10:38 pm

        Apakah malamnya tetap meminum seperti jadwal biasa atau di langkah 1 mlm thx

        Reply
        • GueBisa Admin  29 November, 2017 at 11:09 am

          Hai Vano,

          untuk minum ARV karena keupaan jam minum, untuk selanjutnya loe minum dijam yang biasa loe minum. untuk bisa share informsi loe bisa add nomor wa admin di 081296759913. terima kasih.

          salam,
          guebisa

          Reply
  • El Raka  13 December, 2017 at 7:34 am

    Kak mau tanya.. Saya kan minum obat jam 9 malam.. Tapi semalam itu saya lupa udah minum atau belum.. Saya bingung bgt jadi nya.. Soal nya dlu itu dokter nya bilang minum obat nya ga boleh telat walaupun sehari.. Katanya nanti pngobatan jadi ga efektif gtu kak.. Tapi kayak nya smlm emng sya ga mnum krn ktdran.. Soal nya obat nya saya hitung smpek tgl 22 harus nya smpek 21.. Tlong masukan nya kak.. Saya kepikiran terus ini

    Reply
    • GueBisa Admin  13 December, 2017 at 11:03 am

      Hai El Raka,

      terima kasih sudah bertanya dan gue coba jawab yang loe tanyain ya, loe minum obat jenis ARV yang mana dulu kalau loe minum jenis FDC (1×1) langsung minum saja dengan catatan dibawah 12 jam dan kalau minum obat yang 2×1 bisa dimunum dibawah 6 jam, semoga membantu ya. konsultasikan dengan dokternya supaya lebih jelas ya. dan kalau mau chat loe bisa add nomor wa yang tertera diwebsite ya. semangat terus untuk sehat.

      salam,
      guebisa

      Reply
  • Ben  17 December, 2017 at 10:54 am

    Kak, mau tanya. saya odha, sudah satu tahunan arv dan sudah undetected, suatu hari setelah itu saya kebablasan ga pakai pengaman saat berhubungan dgn pasangan saya, tp tdk sampai keluar sperma (hanya keluar precum sj). Apakah sya bisa menularkan kpd pasangan saya? Sbrapa bsar potensi odha yg viral loadnya sudah undetected dapat menularkan virus hiv? Jumlah virus hiv dalam precum sbnarnya lebih sedikit atau sama seperti pada sperma? Saya takut bgt. Ditunggu jwbannya ka.

    Reply
    • GueBisa Admin  19 December, 2017 at 12:53 pm

      Hai Ben,

      Terima kasih sudah bertanya dan gue coba jawab ya, untuk Viral Load yang undetect sama dengan tidak menularkan akan tetapi dengan catatan jangan hanya loe takut menularkan virus ke orang lain akan tetapi loe juga harus takut akan “tertular” kembali oleh virus lain seperti Hepatitis atau bisa jadi kena IMS (infeksi Menular Seksual) dan Hanya 2% HIV dalam tubuh kita adalah di darah. Tes viral load tidak mengukur jumlah HIV yang ada di jaringan tubuh misalnya kelenjar getah bening, empedu atau otak. Viral load dalam jaringan getah bening (limfa) dan air mani menurun bila tingkat dalam darah menurun, tetapi tidak pada waktu dan kecepatan yang sama. Selalu sedia kondom ya, untuk share leb ih lanjut bisa add nomor wa 081296759913. salam sehat.

      salam,
      guebisa

      Reply
  • Trisan  11 January, 2018 at 5:52 am

    Halo selamat pagi,

    Semalam saya lupa minum obat karena ketiduran. Saya biasa minum jam 10 malam. Saat bangun agak panik, saya WA ke dokter saya tentunya belum dibalas karena pasti beliau masih tidur. Sampai ketemu website ini bilang bahwa untuk langsung minum selama kurang dari 10 jam. Saya baru saja minum, artinya telat sekitar 7.5jam.

    Ini udah kedua kalinya saya skip minum. Yang pertama sebulan lalu saat business trip dan obat ketinggalan di hotel, saya tanya dokter saya katanya gpp lupa asal gak sering. Tapi dokter saat itu gak bilang untuk langsung minum (padahal jarak antara jadwal saya minum dengan balik ke hotel hanya 1jam-an).

    Pertanyaan saya apakah tidak apa jika pertama skip sama sekali dan yang kedua ini telat 7.5jam? Thank you.

    Reply
    • GueBisa Admin  11 January, 2018 at 9:32 am

      Selamat Pagi Trisan,

      seperti yang sudah dijelaskan sama dokter loe memang tidak apa-apa kalo hanya sekali akan tetapi jangan pernah diulang kembali dan gue tidak bisa bilang itu tidak akan ada efek apa-apa akan tetapi jika loe melakukan hal yang sama “telat” minum obat akan terlihat nanti hasilnya pas loe check Viralload, apakah pengobatan yang loe jalani berkerja atau kurang. mungkin lebih jelasnya bisa tanyakan sama dokter loe nanti pas jadwal check up lagi ya. Bawa santai dan semangat terus belajar disiplin minum obatnya untuk sehat, loe bisa add nomor WA admin guebisa di 081296759913 apabila ada sesuatu yang ditanyakan. Terima kasih.

      salam,
      guebisa

      Reply
    • Indri  31 December, 2018 at 9:54 am

      Gue mau tanya ,,, kmren gue terpajam pasien HIV trus gue d suruh cek HIV hasil nya reaktif trus dokter anjurkan gue untuk cek ARN atau viral load terdeksi ap tdak jumlah virus nya ,,, trus apakah gue harus minum ARV ,, atau tidak

      Reply
      • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:30 pm

        ARV hanya diminum untuk orang dengan HIV positif, jika doktermu sudah memberikan diagnosis HIV positif ya silakan jalani pengobatan ARV nya

        Reply
  • Aji  31 January, 2018 at 6:52 pm

    Sy baru 5 hari terapi arv stlah divonis kena hiv, arv yg sy minum ada 3:lamivudin, tenofovir, & evafirenz + antibiotik co-trimoxazole. Minumnya pagi 2 obat (lamifudin&tenofovire), malam 2obat (lamifudin&evafirenz), plus 1pil co-trimoxazole 2×1. Yg sy tanyakan, boleh ga, klo minum khusus pil evafirenz nya menyesuaikan klo akan tidur saja?, krn efeknya yg bikin puyeng, soalnya aktivitas sy mlm & ga pasti jam tidur mlm nya… Sedangkan pil yg lain teratur pagi jam 10,mlm jam 10 juga.

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:39 pm

      Efavirenz kan memang baiknya diminum malam sebelum tidur. bagaimana jika semua obat ARV nya diminum sekaligus dimalam hari, (tenofovir 1, lamivudine 2, efavirenz 1) diminum sekaligus dimalam hari sebelum tidur misalnya pukul 22.00. supaya ga ribet kamunya. untuk cotri bisa diminum pagi saja setelah sarapan gapapa. kan lebih mudah tuh.

      Reply
  • Bryant  15 February, 2018 at 8:18 pm

    Selamat malam, mau tanya kalau telat minum ARV kurang dari 1jam, dan kondisi cd4 saya saat ini sekitar 40-70 apakah berbahaya dan virus akan resistensi terhadap obat ARV tersebut, trims atas jawabannya.

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:40 pm

      ARV sebaiknya diminum pada waktu yang sama, namun jika ada kondisi yang terpaksa telat beberapa menit yaudah gapapa.

      Reply
  • Yance  17 February, 2018 at 5:33 pm

    Selamat sore, sy mau tanya, minum obat rutin setiap hari jam 8 mlm, kalau lupa kelewatan jam nya baiknya langsung minum atau tidak usah sama sekali? Jd minum lagi jam 8 mlm hari berikutnya?, makasih..

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:40 pm

      kalau lupa langsung diminum saja pas ingat.

      Reply
  • Rudi  21 February, 2018 at 1:01 pm

    Hallo admin,
    Saya bru tanggal 5 kemarin positif hiv, walau entah dr mana datangnya. Sy tidak mempermasalahkan itu karena saya anggap ujian hidup buat saya. Saya ingin bertanya karena besok saya bru mau memulai arv, bagaimana aturan meminum arv kalau d bulan puasa?

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:41 pm

      saat ini ARv diminum per 24 jam, sekali sehari sebelum tidur, jadi tidak mengganggu aktivitas puasa.

      Reply
  • Yusuf  19 March, 2018 at 7:36 pm

    Selamat malam..
    Saya udah mnum arv selama hampir 2 tahun atau lbih tepat ny 21 bulan.. dengan jenjang wkt mnum arv adalah 12 jam sekali.. Jenis ARV yg saya mnum adalah duvi dan nevi..
    Selama setahun terakhir saya sering melakukan puasa di hri senin dan kamis.. sehingga wkt mnum obat sya sering bertukar.. dimana jika wkt hri biasa sya mnum jam 7pagi dan jam 7malam.. kalau puasa setelah sahur mnum arv ny dan setelah saat ketika berbuka puasa dgn jenjang wkt bisa sampai hampir 2 jam..
    Contoh sya habis sahur jam 5 pagi mnum arv kemudian berbuka jam 6.40 lngsung mnum arv..

    Yg sya tanyakan apakah ada pengaruh resistensi terhadap pola mnum obat yg saya lakukan??

    Dan apakah kasus resistensi obat ARV sudah bnyak terjadi di Indonesia..

    Mhon jawaban ny dan saya ucapkan bnyak ribuan terima kasih..

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:44 pm

      Kami lebih senang jika kamu berpuasa pada bulan ramadhan saja, beberapa pakar memperbolehkan mengganti jadwal minum obat saat sahur dan berbuka selama sebulan penuh, namun tidak direkomendasikan untuk puasa senin kamis karena ritme atau tema waktunya berbeda. kamu bisa mengganti ibadah puasa sunahmu dengan ibadah lain seperti bersedekah.

      Reply
  • Setiyo  26 March, 2018 at 11:36 am

    Saya hiv minum obat arv selama 8 bulàn aktif dan tepat waktu .tp sering diarè dan kuli flex hitam akhirya sakit opname lemas kaki sampai tangan kanan kakù .dikasih apa

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:45 pm

      bagaimana dengan pola makannya, kenapa sering diare..??

      Reply
  • Ayu  27 March, 2018 at 7:33 pm

    Gmna dok kalau sempat putus obat nya terimaksih

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:45 pm

      ya dicoba lagi dengan kepatuhan yang lebih baik

      Reply
  • Anugerah  30 March, 2018 at 6:44 am

    Saya baru saja mulai minum obat dari dokter untuk saya bisa bertahan hidup dari serangan virus HIV, tapi tiap kali dikasi obat ke saya dari dokter kulit atau label obatnya sudah dilepaskan atau sdah tidak ada, sehingga saya tidak tau apa jenis obat yang saya konsumsi. Saya minum obat 1×1 tiap jam 9 malam. Tolong penjelasan

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:47 pm

      Alasan dokter atau klinik melepas nama obat adalah supaya kamu tidak membelinya sendiri di apotek, jika itu berupa antibiotik atau antiviral.
      namun jika yang kamu maksud adalah ARV maka kemungkinan besar adalah kombinasi dosis tunggal karena diminum sekali sehari

      Reply
  • Iyo  5 April, 2018 at 1:25 am

    Kak, aku mau nanya hari ini aku business trip untuk 2 malam tapi aku bawa obatnya cuma 1 yg artinya ak minum dimalam pertama jd malam ini aku gak minum krn obatnya ga ada, pertanyaannya apakah ini tidak masalah atau bagaimana ya? Biasanya aku minum dijam 10 malam setiap harinya.

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:49 pm

      menghadapi kasus seperti menjadi pembelajaran untuk kita semua, pertama kita harus sedia obat lebih kemanapun kita akan bepergian, kedua jika kasus sudah terlanjur kamu bisa mendatangi layanan ARV terdekat dari tempat trip kamu, namanya transit ARV, kamu akan diberikan ARV sesuai kebutuhan kamu selama trip.

      Reply
  • Gita  11 April, 2018 at 4:58 am

    Kemarin mlm saya minum obat arv.. telat 1menit.. apa akan menimbulkan masalah ngak

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:49 pm

      tidak

      Reply
    • angga  2 July, 2019 at 10:43 pm

      Saya mau tanya..saya kan minum obat pecahan yang 3 (tenofovir,lamivudine,evafirenz) di jam 10 malam nah saya kan kerja di daerah..saya biasa bawa 3 obat namun hr ini saya kebawa cuma 2 obat (tenofovir,lamivudine) gimana dgn obat yg blm saya minum evafirenz karena ketinggalan di rumah..rencana saya besok pagi nya mau ambil obat karena rmh dan tmpt kerja saya jraknya 2 jam..apakah saya bisa minum yg sisanya evafirenz di jam setelah saya sampai rmh..mohon pencerahannya

      Reply
      • guebisa 19  8 July, 2019 at 1:13 pm

        Hallo angga,

        Obat ARV mampu menekan replikasi HIV ketika diminum 3 rejimen obat, namun untuk obat jenis efavirenz berada didalam darah lebih dari 24 jam jadi jika kamu mengalami keterlambatan minum efavirenz 2 jam dari jadwal minum obat masih dianggap aman.

        Reply
  • Teri  21 May, 2018 at 7:51 pm

    Mau tanya pagi saya minum obat jam 10 teno,lami,nevi setelah itu jam 10 malam seharusnya 2 jenis saja lami dan nevi tapi saya meminumnya 3 jenis sama waktu minum di pagi hari, saya harus bagaiamna untuk mengembalikan jadwal saya semula

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:50 pm

      kalau sudah terlanjur yausdah gapapa, besoknya seperti biasanya saja.
      Kenapa tidak mencoba dibantu dengan kotak obat..??

      Reply
  • ryan  24 May, 2018 at 5:57 am

    Hallo min, mau sharing.
    Gw ryan dan gw positif sejak 3 hari lalu, dan akhirnya gw mumemutuskan buat menjalani pengobatan. Untuk awal sih gw cuma dikasih 15 biji obat aja 1 macam. Dan udah 2 hari kemarin gw selalu tepat waktu untuk minum, tapi malan tadi gw lupa ketiduran, bangun2 jam 5 :40 dari yang biasa jam 12 malam. Lalu gimna ya min? Apakah benara gue harus langsung meminumnya. Gw binging , takut, panik.

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:34 pm

      lain kali kalau ketiduran diminum saja pas kebangun yaa, dibantu dengan alarm diawal terapi sangat membantu untuk menghindari kasus semacam ini.

      Reply
  • Adoel  3 June, 2018 at 5:11 pm

    Sore…
    Hari ini aku lagi di bandara, dan lupa bawa ARVnya. Tripnya 3 hari. Terus kepikiran
    Apa ga masalah kelewat tiga hari? ???

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:31 pm

      Kalau 3 hari itu bukan kelewat, tapi nekat, hehehe… lain kali kalau kasus semacam ini segera mengambil ARV di daerah tripnya yaa, saat ini ARv sudah ada dihampir seluruh daerah kabupaten kota di Indonesia.

      Reply
  • Yahya  9 June, 2018 at 8:58 pm

    Maaf gan hari nih gue lupa Sampe2 stgah 9 buat minum obat ARV appa ada efek sampingnya tidak untuk saya

    Reply
  • Dikka  10 June, 2018 at 11:16 pm

    Malam saya mau bertanya…Saya baru terapi ARV kurang lebih setengh bulan gara gara mudik kecspaian yg seharusnya minum jm 10…tadi kebngun dan langsung minum jam 10.45..Apakah ini berbahaya…mksh ditunggu jawabannya.

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:29 pm

      gapapa, tapi kedepan usahakan diwaktu yang sama

      Reply
  • Beben  10 August, 2018 at 10:16 pm

    Hai Aku baru minum arv dr 3 hari yg lalu
    Saya minum arv jam 12 mlm
    Tp besok pagi nya pasti saya seperti orang mabuk badan lemes sampe tidak bisa berdiri
    Tp Hari ini lumayan mendingan
    Apakah saya harus menganti jam minum atau bagai mana

    Reply
    • Aya  16 January, 2019 at 11:04 pm

      Salah satu anggota keluarga ada yg baru memulai pengobatan ARV 3hari.. 2hari pertama minum jam 12 malem..utk menghindari lupa/ketiduran hari ketiga diganti jam 10malem..apakah boleh??ada efeknya lah kalau ganti jam ??mohon dibalas..trimakasih

      Reply
      • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:33 pm

        Boleh silakan, tapi jangan sering sering merubah jadwal minum obatnya yaa, cukup sekali ini saja.

        Reply
  • Putra  20 August, 2018 at 11:09 pm

    Akhirnya saya nemuin article ARV ini. Min, saya mau mulai pengobatan besok. Mohon doanya supaya konsisten yaa…

    Reply
    • Abdullah  10 October, 2018 at 1:28 pm

      Gue tes vct hasil langsung reaktif…harusnya di ulang tes vct nya 3 bulan berikutnya?

      Reply
      • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:25 pm

        kalau sudah reaktif atau positif berarti tidak perlu mengulang tes lagi, silakan menjalani pengobatan

        Reply
  • Via  29 September, 2018 at 7:47 am

    Bagaimana kalo kasusnya kelebihan dosis? Karena lagi setengah sadar bangun tidur minum nya duviral 2 tablet dan neviral 2 tablet, seharusnya masing masing 1 tablet 2x sehari?

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:21 pm

      kalau sudah terjadi yasudah gapapa, namun diperhatikan saja khawatir terjadi ruam setelah minum 2 neviral meskipun jarang terjadi, untuk duviral mungkin sedikit agak mual saja karena minum 2 tablet.

      Reply
  • Hwang  3 October, 2018 at 12:19 pm

    Hari ni ku di vonis hiv dn sipilis
    Tpi sipilis ud di tanangi dokter saya.
    Apa silpilis saya bisa sembuh total

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:22 pm

      Sifilis yang diobati dengan tepat dan dipantau hingga 24 bulan bisa sembuh total.

      Reply
  • davin  4 October, 2018 at 6:22 pm

    saya mau sharing boleh

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:22 pm

      boleh davin

      Reply
  • Iphun  8 October, 2018 at 8:57 am

    Hai kk mang minum arv harus di kasih jam barapa gtu ya…
    Dokter sya blang mnum klo mau tdur aj jd saya mnum pas mau tdur entah itu jam brpa..
    Tp di situ juga kan ada obat lainnya yg di mnum 12 jam sekali apa slah klo sya mnum obat pas mau tdur atau asal jam brpa aj

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:24 pm

      Dokter biasanya akan lebih berhati hati dengan menentukan jam minum obatnya, misalnya diminum per 12 jam yaa minum pukul 10.00 pagi dan pukul 22.00 malam, begitu pula yang diminum per 24 jam silakan minum di jam yang sama, maju mundur beberapa menit saya pikir gapapa

      Reply
  • Ratna  2 November, 2018 at 7:25 pm

    Saya mau tanya,tadi pagi saya bener” lupa sudah minum arv apa blm dan saya langsung minum arv,dan ternyata saya sudah minum arv dobel dlm waktu selisih setengah jam,apa itu berbahaya.

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:26 pm

      kalau lupa gapapa, gunakan alarm jika masih membutuhkan pengingat.

      Reply
      • angga  3 July, 2019 at 12:04 am

        Saya mau tanya..saya kan minum obat pecahan yang 3 (tenofovir,lamivudine,evafirenz) di jam 10 malam nah saya kan kerja di daerah..saya biasa bawa 3 obat namun hr ini saya kebawa cuma 2 obat (tenofovir,lamivudine) gimana dgn obat yg blm saya minum evafirenz karena ketinggalan di rumah..rencana saya besok pagi nya mau ambil obat karena rmh dan tmpt kerja saya jraknya 2 jam..apakah saya bisa minum yg sisanya evafirenz di jam setelah saya sampai rmh..mohon pencerahannya

        Reply
        • guebisa 19  8 July, 2019 at 1:19 pm

          Hallo angga,

          Obat ARV mampu menekan replikasi HIV ketika diminum 3 rejimen obat, namun untuk obat jenis efavirenz berada didalam darah lebih dari 24 jam jadi jika kamu mengalami keterlambatan minum efavirenz 2 jam dari jadwal minum obat masih dianggap aman.

          Reply
  • Ade rahmat  17 November, 2018 at 9:55 pm

    Mlm ni saya agk kecepatan mnm arv 15mnt! Apa ada efeksampingny

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:26 pm

      tidak apa apa

      Reply
  • Adi  4 December, 2018 at 6:41 am

    Jadwal ARV saya jam 11 malam…
    Semalam saya ketiduran dan kebangun jam 2.45 dan langsung buru2 minum ARV nya.
    Gimanan nih.. Jadi kebawa pikiran gak bs tidur lagi sampe pagi…

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:26 pm

      kalau lupa ketiduran pas bangun langsung diminum saja ARV nya yaa…

      Reply
  • Putra  14 December, 2018 at 3:23 pm

    Numpang tanya klo obat nya kita kehabisan trus trus untuk besok udah gak da .. Baru bisa di beli besok nya lagi apakah akn bermasalah nantinya

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:27 pm

      obat ARV kok beli…?? obat ini disediakan oleh negara.

      Reply
  • Rubi gustiawan  21 December, 2018 at 11:13 pm

    Mlm,min..
    Brusan sy panik
    Sy bru 3hri mnum arv.. ini hri ke3 uda tlt
    Jdwal nya jam 21.15
    Tdi ktduran gx dger Alarm. bgun2 jam 22.45
    Jdi hampir tlat 2 jam..
    dan sy langsung mnum arv.
    Apa kah itu msh boleh?
    Dan kinerja arv gmn yah?
    Tolong pnjlsanya min..
    Mksh. Slmt mlm

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:28 pm

      Sebaiknya diminum pada jam yang sama, namun jika kelupaan atau ketiduran silakan diminum pas kebangun.

      Reply
  • Indri  31 December, 2018 at 9:55 am

    Gue mau tanya ,,, kmren gue terpajam pasien HIV trus gue d suruh cek HIV hasil nya reaktif trus dokter anjurkan gue untuk cek ARN atau viral load terdeksi ap tdak jumlah virus nya ,,, trus apakah gue harus minum ARV ,, atau tidak

    Reply
  • Adi  12 January, 2019 at 5:04 am

    Selamat pagi..saya biasa minum obat jam 8 malam ,tapi semalam ketiduran karena kelelahan ,dan baru bangun jam 5 tapi saya tidak langsung meminum obatnya lagi dan baru x ini saya lupa meminum obatnya.apakah bermasalah mohon infonya terimakasih

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:32 pm

      lebih baik lain kali kalau ketiduran diminum saja pas kebangun yaa.

      Reply
  • Aya  16 January, 2019 at 11:06 pm

    Salah satu anggota keluarga ada yg baru memulai pengobatan ARV 3hari.. 2hari pertama minum jam 12 malem..utk menghindari lupa/ketiduran hari ketiga diganti jam 10malem..apakah boleh??ada efeknya lah kalau ganti jam ??mohon dibalas..trimakasih

    Reply
  • Ahmad Sadam Sururi  1 March, 2019 at 7:10 pm

    Mau tanya, saya baru minum arv 5 hari yang lalu ketentuan ny obat DRAL 2 kali se hari dan NRAL 1 kali se hari,, nah jadi masalah saya masih terlalu panik menerima kalo sy itu HIV jadi minum obat ny ketuker yg DRAL 1 kali sehari yg NRAL 2 kali sehari saya panik udah berlangsung 5 hari panik bener,, saya tanya dokter “ya udah lh, terlanjur udh ini dr nol lg sesuai jadwal dan takaran!!!”..dan sy juga pernah telat minum arv 20 menit, tapi sekarang sy sesuain jadwal sesuai dokter

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:35 pm

      Betul, silakan lanjutkan sesuai dosis yaa, Duviral 2 kali sehari, dan Neviral sehari sekali.

      Reply
  • Ari  19 April, 2019 at 12:05 pm

    Min kalau saya gk minum obt arv 2 hari karena obatnya abis itu, gejalanya apa ya nantinya? Saya mau ngambil hari ini tapi pas saya konfirmasi ke petugas di Fatmawati nya katanya libur, gmna nih min? Mungkin bisa kasih saran? Untuk mlm ini saya minum, Sabtu minggunya saya gk minum, sedangkan semennya baru bisa diambil, makasih min

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:36 pm

      Untuk menghindari kasus semacam ini lebih baik mengambil obat jauh jauh hari sebelum obatnya habis, jika urgent kamu bisa pinjam kawan sebaya yang obatnya sama, ini salah satu manfaat bergabung dengan kelompok dukungan.

      Reply
  • Ari  19 April, 2019 at 12:07 pm

    Hari senin maksutnye min, bukan semen?

    Reply
  • Yusuf  10 May, 2019 at 6:08 pm

    Selamat sore admin guebisa.org.. sya odha sejak 2016 mulai arv.. cd4 247 wkt ketahuan positif.. mnum arv duviral dan neviral.. setelah 3 thun ini semakin membaik dgn viral load yg tdk trdeteksi dan cd4 d atas 500.. saya selalu rutin mnum obat tepat wktu.. sya juga ada msalah pnyakit ginjal.. namun setelah terapi ART ginjal saya membaik.. sebulan belakangan ini saya merasa kelelahan terus.. dan berat badan saya menurun sampai 5 kg.. saya rajin konsumsi jus buah bit utk pencegahan anemia.. yg mau saya tanya.. apakah ARV bisa resisten walau kita rajin dan teratur mnum obat?? Apakan ada pengaruh hrus makan dlu baru mnum ARV?? Dan apakah ARV bisa menyebabkan Anemia berat dan bagaimana mengatasi ny?? Terima kasih sebelum nya..

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:14 pm

      ARV yang sudah berjalan beberapa tahun hampir tidak pernah berhubungan dengan efek samping anemia. anemia paling sering terjadi diawal awal terapi saja. terkait penurunan berat badan coba ditambahkan olahraga. Resistansi ARV paling sering terjadi karena kepatuhan yang buruk, namun kita masih bisa terinfeksi HIV yang resistan dari orang lain sehingga obat kita juga akan menjadi resistan. silakan lakukan pemeriksaan CD4 dan atau VL jika dibutuhkan.

      Reply
  • Santos  19 May, 2019 at 10:16 am

    Dok.mau nnya kalao. Gak obat arv sehari . bisa gak… Karna saya lupa Minumnya
    Set waktu saya 9.30 dr dokter setempt sya minum 9.45an terima kasih.

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:10 pm

      kalau yang dimaksud adalah memajukan atau memundurkan beberapa menit gapapa silakan, namun diusahakan pada waktu yang sama setiap harinya.

      Reply
  • Andi  27 May, 2019 at 6:30 pm

    Hai.. mau tanya aku lagi di luar kota dan salah perhitungan.. aku bawa obat hanya untuk satu hari.. biasanya saya minum obat jam 21.00 tapi hari ini saya kelupaan banget.. sebenernya saya akan sampai rumah pukul 03.00 pagi.. apakah saya boleh minum obatnya lgsg begitu sampai rumah apa minum jam 21.00 lagi malam berikutnya?
    Terima kasih semoga bisa memberikan pencerahan..

    Reply
    • guebisa 19  28 May, 2019 at 7:09 pm

      Halo, jika kelupaan atau telat lebih baik segera diminum gapapa, jangan dibikin bolong.
      misal saya minum pukul 21.00, ternyata ketiduran dan bangun tidur pukul 02.00 misalnya , silakan langsung diminum saja obatnya, dan malam berikutnya minum pada waktu semula seperti biasanya.

      Reply
  • wawan  30 May, 2019 at 1:25 am

    Malam min ..
    saya mau tanya ..
    antisipasi untuk kita yg mengkonsumsi arv saat mau trip keluar negri , contoh nya korea , bagaimana ya taruh nya , takut nya d periksa nnti sama pihak bandara , kalo itu obat terlarang , mohon jawaban nya , terimakasih

    Reply
    • guebisa 19  12 June, 2019 at 2:57 pm

      Beberapa kawan yang melakukan trip keluar negeri biasanya obat diganti ke botol vitamin dan ditaruh dikoper dibagasi.
      Beberapa negara memang sangat ketat untuk ini tapi hampir gaada masalah.

      Reply
  • Zeem  31 May, 2019 at 1:04 pm

    Mau tanya sy minum ARV nya jam 8.30 malam… karena ada obat lain yg sy minum ntah knp sy salah minum obat sy minum lagi obat ARV nya jam 11 pagi… gmn ini apakah ada efeknya… mohon penjelasannya… terima kasih.

    Reply
    • guebisa 19  12 June, 2019 at 2:49 pm

      Sudah terlanjur masuk yasudah tidak apa apa

      Reply
  • Opick  3 June, 2019 at 6:44 am

    Selamat pagi dok…
    Saya 30thn dibulan februari Non reactive di salah satu lab dsni..namun divonis Reactive pas VCT ma dokter dan udah menjalani ARV 2 hari dsni..
    Saya saat ini gak berani ngasi tau ttg status saya saat ini ma keluarga..psikis jg kyk masih shock aj…apakah ada grup WA buat sharing2 ttg penyakit ini?

    Reply
    • guebisa 19  12 June, 2019 at 2:48 pm

      Pagi,
      Silakan hubungi 081296759913 untuk bergabung dikelompok dukungan sebaya.

      Reply
  • Murtini  5 June, 2019 at 8:30 pm

    Assalamualaikum
    Malam Admin Gue Bisa
    Saya mau bertanya ,adik saya berumur 3 thn mengidap HIV..telat Mnum ARV 5 hari krna kendala lebaran rumah sakit tutup semua sampai tgl 10 Juni..
    Solusinya gimana yaa.
    Terimakasih

    Reply
    • guebisa 19  12 June, 2019 at 2:46 pm

      waalaikumsalam, seharusnya tidak boleh bolong sampai 5 hari, sebelum bepergian untuk waktu lama sebaiknya dipersiapkan untuk obatnya, kalaupun lupa ga kebawa kamu bisa ngambil didaerah mana saja dia tinggal, saat ini ARV dapat diakses mudah didaerah daerah, bilang saja mau transit ARV pasti dikasih.

      Reply
  • Sam  10 June, 2019 at 10:14 pm

    Kak mau tny.. Kalo saya minum obat jam 8 pagi dan 8 malam.. Tp saya suru mau operasi dan di suru puasa jm 2 malem.. Apa setelah saya minum yg jam malam langsung minum yg buat besok jam paginya?

    Reply
    • guebisa 19  12 June, 2019 at 2:44 pm

      iya diatur saja supaya dalam sehari bisa minum dua kali meskipun tidak per 12 jam karena kasus urgent kan.

      Reply
  • Roni Parabean  13 July, 2019 at 11:26 am

    Sama donk sy jg.. Ada nomor WA kah ini nomor WA sy pliss masukin sy di grup

    Reply
    • guebisa 19  15 July, 2019 at 12:00 pm

      ini WA kami untuk kelompok dukungan sebaya.
      081296759913

      Reply
    • Daniel  18 July, 2019 at 7:20 am

      Sebenarnya kalo ODHA sering melakukan nge trip keluar kota dianjurkan apa tidak? Misalnya minggu ini rencana mau kesabang. Apakah boleh?

      Reply
      • guebisa 19  22 July, 2019 at 10:16 am

        Orang dengan HIV tidak ada masalah dengan trip selama fisiknya dalam kondisi sehat-sehat saja.

        Reply
  • Fitri  14 July, 2019 at 12:17 am

    Malam …aku sudah hampir 2tahun kurang ,putus Terapy ARV karena alesannya yg seperti komentar yg lain , apakah aku boleh memulai ARV lagi dok , terimakasih

    Reply
    • guebisa 19  15 July, 2019 at 11:22 am

      Halo ka,
      Mulai pengobatan lagi setelah putus obat boleh boleh saja namun tidak mudah, jadi silakan bertemu dengan dokter kamu dan bilang mau menjalani pengobatan lagi, kami sarankan datang ke dokter yang awal supaya rekam medisnya jelas.

      Salam

      Reply
  • Ab Haris  12 August, 2019 at 10:09 pm

    Halo, aku baru jd ODHA sebulan yg lalu, dan baru mulai minum ARV dua minggu lalu, dan unfortunately pd saat pembukaan hasil aku udh di stadium 4 krn udah ada bbrp IO, seperti TB kelenjar dan jamur di mulut.

    Selama tahap awal ARV ini aku dikasih yg jenis duviral dan efafirenz, krn adanya resiko interaksi obat dengan obat TB yg juga aku harus konsumsi juga.

    Duviral hrus diminum dua kali sehari jam 9
    Efapirenz diminum sekali sehari jam 9 malam

    Krn basically belum terbiasa, aku pernah dua kali skip minum duviral di jam 9 malam (krn lupa klo dia juga hrus gue minum barengan sm Efapirenz

    Bru nyadar skrg pas lg ngitung jumlah obat kenapa ada yg lebih…

    ???

    Reply
    • guebisa 19  16 August, 2019 at 1:17 pm

      Halo ka,

      Semangat terus ka untuk meningkatkan kepatuhannya, gunakan aplikasi alarm reminder di smartphone mungkin dapat membantu kepatuhan untuk diawal awal pengobatan, kamu juga bisa membeli kotak obat kecil yang dijual di apotek atau swalayan, kotak obat kecil itu biasanya disertai dengan nama nama hari jadi lebih memperkecil kemungkinan kamu kelupaan dalam menghitung obat yang harus kaka konsumsi.

      Semangat…
      Admin

      Reply
  • Zen  25 August, 2019 at 10:50 am

    Selamat siang, saya mau tanya, saya hari ini balik k jakarta, dan obat saya tertinggal di rumah dan saya klinik tempat sy beli pbat hari minggu tutup dan semua puskesmas juga tutup d hari minggu, apakah ada yg tau d mana saya bisa akses ARV untuk hari ini ?
    Terimakasih

    Reply
    • guebisa 19  24 September, 2019 at 12:05 pm

      Di jakarta banyak kelompok dukungan sebaya untuk pengidap HIV, kamu bisa pinjam dulu ke komunitas tersebut, pada kondisi darurat pasti akan dibantu.

      Reply
  • Umar  15 September, 2019 at 4:11 pm

    Do’ain.. Bru 1 pekan minum ARV dan nilai cd4 ku 149

    Reply
    • guebisa 19  24 September, 2019 at 11:56 am

      Semoga lekas pulih, pengobatan berhasil sehingga virus dapat tertekan hingga tidak terdeteksi dan jumlah sel CD4 kamu meningkat pada nilai normal sehingga kamu akan sehat terus sampai usia tua.

      Reply
  • Parto saputra  26 September, 2019 at 11:25 pm

    Hallo kak saya odha saya baru teravi Jalan 4 bulan.. jam 10 pagi saya minum tenofovir & lamivudne 1X1 dan hari ini jam 22:20 malam saya minum evfavirenz & lamivudine 1X1 Cuman saya telat minum saya minum 22:15 apakah saya lagsung minum dan besok saya minum obat sesuai saat saya teravi lagi ?

    Reply
    • guebisa 19  9 October, 2019 at 4:18 pm

      sekarang tetap diminum meskipun telat, dan besoknya minum diwaktu yang semula seperti biasanya

      Reply
  • Farel  27 September, 2019 at 7:34 am

    Saya minum arv 2x sehari 10 pagi dan 22:00 malam dan saya telat minum arv malam sekitar jam 22:15 sekitar 15 menit. Krna ketiduran apakah saya tetap minum obat atau tidak? Dan saya tetap minum obat seprti biasa jam 10 pagi dan 22:00 seprti biasa?

    Reply
    • guebisa 19  9 October, 2019 at 4:17 pm

      tetap diminum jika terlambat, dan besoknya minum obat seperti jadwal semula

      Reply

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.