DWQA QuestionsCategory: Questionsapakah-saya-bebas-dari-hiv
Angga asked 8 months ago

Selamat pagi dokter. Saya tanggal 6 sept seksi bereiko tanpa kondom dan terkena go. Gejala HIV sangat banyak selama pasca pajanan.. mulai dari radang tenggorokan 2 bulan hingga dokter THAT bingung ngasih obat, sariawan berkepanjangan, keringat malam, kelelahan, nyeri sndi Dan otot, Dan ruam banyak d badan di daerah dada, ketiak, belalang, bahu, perut pinggang, Dan lengan, banyak banget terlihat kyk seperti campak d seluruh tubuh, kata dokter kulit itu adalah ruam maculopapular, pas sy cek d internet maculopapular itu adalah HIV rash acute. Saya tes HIV dengan berbagai metode. 90 Hari (metode rapid tes hasil non reaktif) 90 Hari (metode eclia gen 2 dgn reagen HIV combi hasil non reaktif) 115 hari (metode CMIA ag/ab gen keempat hasil non reaktif). Skrg sy msh nunggu hasil viral load pasca 3 bulan dari rumah sakit. Pertanyaan : 1. Apakah betul betul saya terbebas dari HIV? 2.Apakah tes HIV CMIA generasi keempat akurat sanagt akurat pasca 3 bulan?, krn CMIA sangat direkomendasikan 1 bulan pasca pajanan. 3. Apakah gejala tersebut bukan dari HIV, lantas karena apa ya dok? Klo ruam krn sifilis, sy cek sifilis negatif, sy Tanya dokter kulit apakah krn obat THT yg sy minum, Dan dokter kulit pun bilang bahwa obat yang diresepkan aman Dan Tdk menimbulkan alergi Dan ruam. 4. Apakah viral load pasca 3 bulan akurat untuk menditeksi virus langsung? 5. Apakah saya harus mengulang 3 bulan lagi (6 bulan pasca pajanan)?. Maaf pertanyaan panjang dengan maksud agar mudah difahami.. terima kasih

1 Answers
guebisa 19 answered 8 months ago

Halo Ka,

  1. Sesuai yang kaka ceritakan berarti kaka tidak terinfeksi HIV, selama tidak ada risiko lainnya. semua tes tersebut akurat.
  2. CMIA akurat pada pemeriksaan 3 bulan pasca pajanan.
  3. karena gejala HIV tidak ada yang spesifik bisa saja gejala tersebut hanya masalah kulit biasa, dan gejala lainnya masuk kategori gangguan psikosomatik saja. tidak berhubungan dengan HIV.
  4. Tes VL atau metode PCR Kualitatif akurat melihat virus 3 bulan pasca pajanan.
  5. Tidak perlu tes apapun selama tidak mengulangi risiko lain lagi.

Semoga jawab ini dapat dipahami dengan baik yaa ka, salam sehat
 
Admin