DWQA QuestionsCategory: QuestionsBerapa lama CD4 naik setelah minum ARV
Anonymous asked 6 years ago

Kenapa ya dokter CD4 saya naiknya sedikit, padahal saya udah ngerasa rajin minum ARV-nya?

1 Answers
GueBisa Staff answered 6 years ago

Halo,
Kenaikan CD4 masing masing orang tentu berbeda tidak selalu sama , ada yang peningkatan CD4 nya cepat dan ada yang lambat. Jika kamu minum obat teratur maka CD4 kamu pasti akan naik walaupun perlahan lahan. Sebenarnya jika kita ingin mengetahui keberhasilan pengobatan tidak hanya berpatokan pada CD4, cara yang paling gampang adalah meningkatnya berat badan merupakan cara yang paling gampang dan murah, apabila berat badan kamu meningkat berarti tubuh kamu merespon pengobatan dengan baik. 
Cara yang paling baik adalah menurunnya jumlah virus HIV dalam darah yang bisa kita ketahui dengan melakukan pemeriksaan Viral Load (Viral Load Test). Pemeriksaan ini bagi beberapa orang sangat mahal, tapi ada baiknya apabila dilakukan setahun sekali. Contoh untuk di Jakarta, biaya satu kali pemeriksaan Viral Load Test yang paling murah ada di RS Dharmais Rp. 600.000,-. 
Apabila seseorang dengan HIV positif minum ARV maka yang pertama terjadi adalah menurunnya jumlah virus dalam darah, bahkan bisa menjadi tidak terdeteksi oleh alat dalam waktu 6 bulan atau setahun.
CD4 akan naik secara perlahan lahan seiring dengan turunnya jumlah virus dalam darah. Harus diingat CD4 bukan satu-satunya indikator keberhasilan terapi.
Salam,
dr. Yogi