DWQA QuestionsCategory: QuestionsCara minum kombinasi ARV
xx asked 3 years ago

Saya mau tanya, teman saya mendapatkan 3 jenis ARV ( Lamivudine, Efavire Comprime dan Tenofir Disproxil Furmarate).. btw saya pun ODA, saya hanya mengkonsumsi ARV yg 1 tablet.. pertanyaan saya bagaimana cara minum arv yg dipecah 3 itu?Karena ada perbedaan.. teman saya di daerah yg minim info, dia di infokan meminum dengan 3 waktu (jam 8 pagi, 10 pagi dan 10 malam) saya penasaran dan menanyakan ke dr. Saya katanya obat nya bisa di minum bersamaan di jam 10 malam (total 4 biji, warna biru, putih, merah) bagaimana cara meminum obat yang tepat? Apakah bermasalah bila mulai besok teman saya menggabungkan minum di waktu yg sama pukul 10 malam?

1 Answers
GueBisa Staff answered 3 years ago

Hallo, 
 
Sebelumnya mohon maaf sudah tertunda lama sekali menjawab pertanyaannya. Karena ada beberapa hal, emailnya terlewatkan oleh kita. 
Menurut dokter Yogi dari pertanyaan yang hampir serupa, untuk kombinasi obat yang diminum ada berapa cara untuk minum obat, dengan dosis terbagi atau minum sekaligus semuanya malam saja. Teman-teman Odha banyak yang memilih untuk meminum sekaligus biar gampang. Dengan meminum pada malam hari, misalnya pada pukul 10 malam. 4 pil sekaligus, 1 obat tenofovir yang berwarna biru, 1 efaviren obat yang berwarna kuning dan 2 lamivudine obat yang berwarna putih. 

Saran dokter Yogi yang lain untuk mengurangi efeknya, setelah minum obat usahakan untuk segera tidur dan jangan melakukan aktivitas apa-apa, langsung tidur saja. Untuk makan malam sebaiknya jangan makan sebelum atau sesudah minum obat, beri jarak antara makan malam sekitar 2 jam. Jadi apabila waktu tidur sekitar jam 10 malam, maka waktu makan malam terakhir sebaiknya jam 8 malam.
Semoga membantu ya.. 
Salam,
Gue Bisa