DWQA QuestionsSetelah 8 hari konsumsi ARV
Iden asked 3 years ago

Alhamdulilah sudah hari ke-8 minum arv fdc, efek nya cm di hari pertama ngefly.aja tapi.bisa dlawan aktivitas biasa. Sejauh ini efek samping nya tidak.separah efek samping obat tbc. Dan hanya terasa di hari pertama saja. Apakah efek.samping arv memungkinkan akan timbul minggu ke dua atau 3 setelah mulai terapi dok?

1 Answers
GueBisa Staff answered 3 years ago

Hallo Iden,
Sebelumnya mohon maaf sudah tertunda lama sekali menjawab pertanyaannya. Karena beberapa hal, emailnya terlewatkan oleh kita.
Memang ada sebagian orang yang mengalami efek samping beberapa hari atau beberapa minggu setelah minum ARV. Tetapi yang perlu diingat adalah tidak semua orang mengalami efek samping, ada yang merasakan efek samping cuma 1-2 hari, 1 minggu, bahkan ada yang tidak mengalami efek samping sama sekali loh.. Positif thinking aja kalau efek sampingnya gak akan terjadi lagi… Karena pikiran positif akan membawa kita pada hal positif, ya kan…
Berikut beberapa tips yang dijelaskan oleh dokter Yogi untuk mengurangi “ngefly/mabuk” karena efek samping FDC :
1. Minum obat selalu mendekati waktu tidur atau langsung tidur setelah minum obat.
2. Jarak makan malam dengan waktu minum obat jangan terlalu dekat usahakan lebih dari 2 jam, jika terlalu dekat apalagi makan yang banyak mengandung lemak akan melambat penyerapan  obat dan efeknya lebih lama dari biasanya, jadi “mabuknya” lebih lama.
3. Bila ada efek “mabuk” yang ringan pagi saat bangun tidur, segera di bawa aktivitas ringan, bergerak yang ringan semampu kamu, jangan di bawa tidur lagi nanti tidak akan hilang.
Semoga membantu ya dan tetap semangat….
 
Salam,
Gue Bisa