DWQA QuestionsCategory: Questionssampai-kapan-test-hiv
Berry Rizky asked 5 months ago

Salam hangat dok, saya mau tanya, saya seorang gay (Top) , sudah sering berhubungan sex dengan dan tanpa kondom. Dari beberapa orang yang pernah berhubungan dengan saya, mereka terinfeksi HIV positif, dan saya baru dikasih tau beberapa bulan setelah berhubungan dengan mereka. Apakah saya sangat beresiko tertular HIV?  saya rajin cek lab HIV 6 bulan sekali dan hasilnya Non Reaktif. Sampai kapan saya harus terus cek HIV saya?  Kapan seseorang akan terinfeksi HIV setelah berhubungan dengan penderita HIV? Apa yang harus saya lakukan agar tidak tertular mengingat hasil tes lab saya Non Reaktif? terakhir saya cek lab 2 Juli 2019 dan hasilnya Non Reaktif.  Terimakasih banyak sebelumnya atas jawabannya.

1 Answers
guebisa 19 answered 5 months ago

Halo Ka,
 
Risiko infeksi HIV pada kegiatan anal seks tanpa kondom adalah risiko yang tinggi untuk terinfeksi HIV, sebaiknya menggunakan kondom dan pelicin berbahan adasar air setiap melakukan kegiatan seksual ini. Pemeriksaan HIV non reaktif setelah 3 bulan pasca kegiatan seksual terakhir sudah dianggap valid, namun jika kegiatan seksual berisiko tersebut masih terus dilakukan maka pemeriksaan HIV juga harus terus dilakukan setiap 3 bulan.
 
Namun jika sudah tidak melakukan kegiatan seksual berisiko dan hasilnya non reaktif 3 bulan setelah seksual terakhir maka tidak perlu melakukan tes HIV lagi.
 
Salam
admin