DWQA QuestionsCategory: QuestionsVitamin dan ARV
Melissa asked 5 months ago

Selamat pagi Dok,
Saya Melissa, saya positiv HIV sejak 1 tahun yg lalu dan baru 5 hari saya bertekad untuk menjalani terapi arv. Saya mengkonsumsi arv jenis duviral + neviral. Ada yang ingin saya tanyakan, saya diinformasikan bahwa saya harus banyak minum air putih dan makan buah untuk penambah darah selama terapi ARV.
Sebelum saya memulai terapi ARV, saya selalu mengkonsumsi, vitamin C setiap hari (seperti Nat-C 1000mg ato supplement 4life Transfer Factor Plus) apakah vitamin tersebut boleh saya konsumsi lagi? Saya sempat bertanya kepada ODHA yg lain saat konsultasi pertama, dan mereka disarankan untuk mengkonsumsi vitamin C juga.
Waktu terapi saya yaitu jam 9 siang dan 9 malam, apakah akan terjadi resistensi jika saya telat mengkonsumsi ARV tersebut, misalnya telat 45 menit atau lebih cepat 5-10 menit dari waktu yang ditentukan. Atau apakah ada maksimal waktu tercepat dan terlambat dari ketepatan waktu?
Terima kasih ya dok 🙂

1 Answers
guebisa 19 answered 5 months ago

Halo Melissa,
 
Pada umunya penggunaan suplemen dan vitamin tidak bermasalah dengan ARV, namun baiknya laporkan semua penggunaan obat lain dan suplemen termasuk herbal kepada dokter kamu supaya dicatat. Sebenarnya Buah dan sayuran sudah lebih dari cukup untuk pemenuhan kebutuhan gizi kita setiap harinya.
 
Telat ARV beberapa menit tidak masalah namun sebisa mungkin minumlah pada waktu yang sama. Meskipun obat-obatan ARV yang digunakan di Indonesia saat ini termasuk obat-obatan yang cukup “pemaaf” maksudnya tidak ada masalah fatal jika telat beberapa menit, namun konsisten pada waktu yang sama itu lebih baik.
 
Salam
Admin