Loe takut kena sifilis? Takut kena meningitis? Takut kena HPV alias kutil kelamin? Loe takut TBC? Pneumonia?

Kalau iya berarti sama kayak gue. Gue juga takut. Terus kalau takut menurut loe gimana?

Kalau menurut gue sih ya kalau takut dihindari. Simple ya. Cari tahu banyak hal tentang penyakit  aneh-aneh tadi. Usaha biar nggak kena itu. Tapi masih takut.

So?

Takut dan lari dari kenyataan. Menjauh dari dokter. Menurut loe itu tindakan bodoh kah? Ya.

Guys, loe inget kita itu ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS). Sakit yang dicap buruk di masyarakat. Imun lemah jadi pintu buat banyak penyakit. Tapi kalau kita ARV (Antiretroviral) rutin dan hidup sehat, bisa tetep sehat nggak? Bisa kan? Ya bisa.

Loe tahu nggak kita itu hebat loh. Nggak semua orang dipilih kena HIV. Dan kalau gue atau loe kepilih untuk itu artinya kita mampu ngadepin HIV itu.

Nyesel? Merasa masa lalu kelam masa depan suram? Wake up!! “Menyesal itu bukan sinonim kata takut dan sedih.” Menyesal itu bentuk cantik dari semangat buat maju”. Memperbaiki yang salah. Usaha nyembuhin luka. Memaafkan dan bukan menyalahkan. Gue juga takut kena penyakit macem-macem. Please deh kita sama.

Tapi ya udah tugas kita cuma usaha ngehindari penyakitnya. Bikin hidup lebih sehat dari orang sehat. Sambil diiringi doa. Cukup. Kalau one day gue sakit dan loe sakit lebih parah dari keadaan kita sekarang padahal kita udah usaha dengan maksimal, artinya Tuhan sayang sama kita. Dia nggak akan nitipin masalah diluar kemampuan kita.

Ok.

Sekarang loe senyum. Sibuk siapin masa depan. Kalau one day gue down ingetin gue buat semangat.

Gue bisa. Loe juga bisa.

 

Oleh: Fiko

You may also like

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.