bullying / bul·ly Use superior strength or influence to intimidate (someone), typically to force him or her to do what one wants. Menurut definisi, bullying atau intimidasi adalah adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti dalam bentuk fisik, verbal atau psikologis oleh seseorang atau kelompok yang merasa lebih kuat kepada korban […]

Read More

  Pagi ini gue miris banget denger berita kalau di salah satu bagian di Indonesia ada yang sampe membuat pengungsian khusus ODHA di pedalaman.Daerah itu semacam diisolasi. Orang-orangnya sampe dianggep sebagai orang terkutuk. Sedih banget baca berita itu. ODHA, oke lah kita semua tahu cara penularannya mungkin dianggep hina. Lewat drugs, and sex. Tapi hey, gak […]

Read More

  Loe pernah denger tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah? Ya, memberi lebih luar biasa. Soalnya banyak memberi artinya kita memantaskan diri untuk jadi pribadi yang lebih hebat. Menjadi ODHA bukan halangan untuk bisa terus memberi guys. Ini bukan melulu soal harga atau materi. Gue sendiri bukan orang kaya, tapi gue punya […]

Read More

Menyambut Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional dan memperingati Hari AIDS Internasional yang baru saja lewat, kali ini akan dibahas tentang HAM kita sebagai Orang Dengan HIV AIDS (ODHA). Emangnya apa aja HAM yang dimiliki kita sebagai ODHA? Pada dasarnya ODHA yang hidup di Indonesia memiliki hak dasar yang sama dengan warga negara lain, namun […]

Read More

    Apa sih 16 HAKTP? Ini adalah kampanye internasional untuk menantang kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan yang berlangsung setiap tahun mulai 25 November di Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan, hingga 10 Desember tepat di Hari Hak Asasi Manusia. Rangkaian kampanye dimulai pada tahun 1991 oleh Institut Kepemimpinan Global Perempuan pertama, yang […]

Read More

Setelah tes HIV dan tahu hasilnya positif, sebagian orang lalu merasa hidupnya udah ga ada gunanya dan ga akan lama lagi. Padahal, apapun hasil yang kita terima, ga lantas menjadi vonis. Takdir dan kematian masih tetap menjadi misteri Illahi, karenanya kita perlu tetap semangat menjalani hidup dan menjaga kesehatan. Status positif harusnya malah bisa jadi […]

Read More

Semua pasti inget ada Hari Pahlawan di November, makanya ga heran, bakalan banyak tulisan yang bahas tema pahlawan di bermacam media bulan ini. Karenanya kali ini kami akan bahas beberapa sosok pahlawan yang banyak membantu dalam kehidupan ODHA tapi kadang ga disadari oleh kita. Siapa aja mereka? Langsung aja kita bahas satu-satu. 1. Lembaga yang menyediakan […]

Read More

      “This is me!” “When the sharpest words wanna cut me down I’m gonna send a flood, gonna drown them out I am brave, I am bruised I am who I’m meant to be, this is me!”             Pada tau lirik lagu itu dong? Sebagai salah satu hits dari […]

Read More

  Pernahkah ada yang kepikiran kayak gitu? Ngerasa jenuh karena kudu rutin minum ARV dan harus selalu inget untuk minum. Tenang, kamu ga sendirian. Ada banyak juga temen-temen ODHA yang juga kadang ngerasa bosen karena harus minum ARV terus. Sebenernya, kenapa sih ARV harus diminum rutin? Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 87 Tahun 2014 disebutkan, […]

Read More

Musuh paling gede tiap orang itu sebenernya dirinya sendiri. Prasangka buruk, ketakutan, khawatir, males, nafsu. Ya, begitu pun gue. Beberapa waktu ini gue berpikir terlalu keras. Gue takut banyak hal. Takut kalau ARV gue resisten. Takut kalau orang bakal tahu status poz gue dan ngucilin gue. Gue takut, dan itu yang bikin gue menarik diri […]

Read More